Pages

Jumat, 29 April 2011

Perbedaan Web Email dan Email client

Web Email

Untik kali ini saya akan membahas tentang web based email atau yang lebih sering kita sebut webmail .Webmail adalah layanan email yang menggunakan web browser (Internet Explorer, FireFox, Opera, dll) sebagai sebagai email client nya. Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http ( hyper text transfer protol ) .

Dari pada email lainnya webmail memliki kelebihan antara lain :
  • Bisa dibuka di komputer yang berbeda secara langsung tanpa harus mensetting ulang layanan asalkan memiliki akses internet .
  • Tidak perlu memliki emai client karena dapat berinteraksi dari situs tersebut langsung .
webamail juga memiiki beberapa kekurangan , antara lain adalah :
  • karena biasanya email-email yang ada selalu menggunakan domain penyedia (nama@domain.com), maka banyak juga iklan-iklan yang sebetulnya tidak diperlukan juga tertampil sehingga proses baca email anda disamping terganggu iklan, juga menjadi lebih lambat 
  • Jika server memiiki masalah bukan tidak mungkin akun akan hilang
  • Email sulit diarsipkan karena tersimpan di server penyedia ayanan email .
Dengan ini semoga kaian menjadi lebih mengetahui kelebihan serta kekurangan dari webmail .
 
Email Client
 Sekarang yang ingin saya bicarakan adaah tentang email client , mungkin sebagian besar dari kalian sudah mengetahuinya . Tetapi untuk yang kurang tahu saya akan menjelaskan tentang pengertian serta kelabihan dan kekurangan email yang satu ini .Untuk lebih lanjut silahkan baca.

Sebuah perangkat lunak e-mail client, kadang kala di sebut sebagai Mail User Agent (MUA) , juga kadang di sebut sebagai pembaca email adalah perangkat lunak di komputer yang digunakan untuk mengelola email.
Kadang kala, istilah email client juga digunakan untuk mengacu pada agen yang bekerja sebagai client terhadap sebuah email server, dapat berupa MUA, kadang kala berupa server untuk relay e-mail, atau manusia yang menulis langsung menggunakan terminal dan program telnet. Kadang kala, aplikasi Web yang mempunyai fungsi yang relevan dengan email sering kali di anggap sebagai e-mail client juga.
Keunggulannya yakni dapat menghemat koneksi internet. Anda cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive. Setelah itu, Anda bisa membaca dan menulis email secara offline. Keunggulan lainnya, proses pembacaan pesan sangatlah gampang. Anda tinggal mengklik subject sebuah pesan, lalu dalam sekejap Anda akan bisa membacanya. Bahkan hampir semua program e-mail client memiliki fasilitas Auto Preview, yang membuat proses pembacaan e-mail menjadi lebih mudah. Anda juga tak perlu khawatir soal kuota, karena pesan-pesan e-mail Anda telah berpindah dari mail server ke komputer pribadi Anda. Sedangkan kelemahan utama e-mail client adalah keterbatasannya dalam mengakses pesan e-mail Anda. Anda hanya bisa mengakses e-mail Anda dari komputer pribadi Anda, tidak bisa dari komputer tetangga, warnet, apalagi dari luar negeri. Selain itu, apabila Anda kurang hati-hati, pesan-pesan rahasia di inbox Anda bisa dibaca oleh orang lain dengan gampang. Memang, ada fasilitas Identity seperti di Outlook Express yang sanggup melindungi Anda dari kemungkinan terbacanya e-mail Anda oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Namun tidak semua e-mail client memiliki fasilitas Identity. Kalaupun ada, tidak semua orang menggunakannya, mungkin karena tidak tahu, atau merasa tidak perlu.

0 komentar:

Poskan Komentar